Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Meningkat dengan Penggunaan Think Pair Share

oleh Filza Azzahra dan Dedi Kusnadi

Partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran merupakan faktor penting dalam
keberhasilan proses belajar mengajar. Namun, di kelas IV-A SD Negeri 041 Tarakan,
partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah. Hal ini terlihat dari
banyaknya siswa yang pasif dan enggan bertanya atau memberikan pendapat saat
pembelajaran berlangsung. Sehingga tujuan penelitian tindakan kelas ini meningkatkan
partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan pendekatan Think
Pair Share di kelas IV SD Negeri 041 Tarakan. Metode penelitian ini menggunakan
metode deskripsi kualitatif. Proses penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan
langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang
digunakan adalah dengan teknik deskriptif komparatif dan pengumpulan data
menggunakan pengamatan. Berdasarkan hasil analisis data dan pengamatan yang
dilakukan yang terdiri dari 3 siklus dan setiap siklus terbagi menjadi 3 kali tatap muka
sebagai berikut. Pada siklus 1 Hasil observasi menunjukkan bahwa dari 28 siswa
(48,75%) menunjukkan partisipasi aktif. Kemudian dilanjutkan pada siklus II
Observasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi siswa. Dari 28 siswa
(64,25%) terlibat aktif. Selanjutnya dilanjutkan pada siklus III Hasil observasi pada
siklus ketiga menunjukkan partisipasi siswa yang lebih merata dan meningkat secara
keseluruhan. Dari 28 siswa (83,25%) aktif berpartisipasi. Berdasarkan hasil dari tiga
siklus penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Think Pair Share
secara signifikan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika di
kelas IV SD Negeri 041 Tarakan.