MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 041 TARAKAN

oleh Jalung Lajan dan Dedi Kusnadi

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pendekatan
pembelajaran berdiferensiasi berbantuan kuis interaktif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SD Negeri 041 Tarakan. Pendekatan ini dipilih untuk
mengakomodasi perbedaan individu antar peserta didik serta meningkatkan motivasi dan
partisipasi mereka dalam proses belajar mengajar. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini
melibatkan 20 peserta didik dan dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing terdiri dari
tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan signifikan dalam ketuntasan hasil belajar peserta didik dari siklus ke siklus. Pada
siklus pertama, hanya 40% peserta didik yang mencapai nilai KKM, meningkat menjadi 75%
pada siklus kedua, dan mencapai 90% pada siklus ketiga. Penggunaan pendekatan
pembelajaran berdiferensiasi berbantuan kuis interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan
hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, disarankan agar guru mempertimbangkan
penerapan pendekatan ini dalam proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang optimal.